Wisata

Permandian Ompo

images (1)

Apakah arti nama permandian Ompo ? pasti kalian bertanya-tanya kan gaess…Okey mari sama-sama kita mencari tau?

Daerah Soppeng di Provinsi Sulawesi Selatan terkenal akan pemandian alamnya. Berbagai pemandian alam bisa Anda temukan di tempat ini, seperti Permandian alam Ompo atau masyarakat setempat biasa menyebutnya Ompo, telah menjadi ikon Soppeng jauh sebelum Pemandian Air Panas Lejja dan Pemandian Alam Citta dikenal masyarakat. Pemandian Alam Ompo telah menjadi tujuan favorit para wisatawan. Obyek wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama pada akhir pekan, hari-hari libur nasional, dan puncaknya terjadi setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pengunjung Ompo tidak hanya para warga Soppeng tetapi juga luar daerah, seperti Kabupaten Sidrap, Bone, Sengkang (Wajo), Kota Makassar, bahkan wisatawan mancanegara.

Obyek wisata Pemandian Alam Ompo terkenal karena kesejukan dan kejernihan air yang bersumber dari mata air alami. Masyarakat Soppeng yang tinggal di sekitar obyek wisata juga memanfaatkan sumber mata air ini untuk kebutuhan sehari-hari serta pengairan sawah. Tidak hanya itu, sumber mata air Ompo juga telah dijadikan sebagai lahan bisnis oleh beberapa perusahaan swasta nasional menjadi air kemasan.      Menurut cerita, tempat sumber mata air Ompo dulunya merupakan area persawahan penduduk. Ketika itu, penduduk setempat membajak sawah menggunakan sepasang kerbau. Suatu hari, seorang petani yang sedang asyik membajak di sawahnya tiba-tiba tassobo (tenggelam ke dalam lumpur sawah) dan hilang. Warga kampung yang mengetahui peristiwa tersebut segera mencari petani itu hingga berhari-hari namun tidak ditemukan. Pada suatu waktu, tiba-tiba petani itu muncul di sepetak sawah bersama dengan semburan air yang sangat jernih. Para warga pun berbondong-bondong untuk menyaksikan peristiwa ajaib itu. Usai peristiwa tersebut, para penduduk bersepakat menjadikan mata air itu sebagai pemandian yang kini disebut Pemandian Alam Ompo.  Pemandian Alam Ompo memiliki tiga kolam, yaitu kolam renang untuk orang dewasa, kolam renang untuk anak-anak, dan kolam sumber mata air. Kolam sumber mata air yang berada di dalam lokasi obyek wisata ini tidak digunakan untuk mandi sehingga diberi pagar beton agar pengunjung tidak masuk di dalamnya.  Sebagian masyarakat Soppeng menganggap kolam mata air tersebut memiliki nilai mistis. Pada hari-hari tertentu atau setiap selesai melaksanakan hajat keluarga, seperti pesta perkawinan atau aqiqah, mereka sengaja datang ke pemandian ini untuk mandi sekaligus membawa sesaji berupa telur ayam kampung, pisang, sokko pitunrupa (nasi ketan tujuh warna) untuk dipersembahkan ke kolam sumber mata air tersebut.

Pemandian Alam Ompo menjadi tujuan wisata fovarit karena selain biayanya sangat murah, lokasinya juga berada tidak jauh dari kota dan terletak di kawasan pegunungan dengan suasana alam yang asri. Area di sekitar pemandian banyak ditumbuhi oleh pohon yang rindang dan tempat duduk sehingga pengunjung akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Setelah puas berenang di Pemandian Alam Ompo, Anda dapat bermain perahu dan memancing ikan di danau buatan bersama keluarga. Danau buatan tersebut berada persis di sebelah utara lokasi pemandian.

Di sekitar danau juga terdapat area perkemahan yang cukup luas dan sering digunakan oleh sebagian pengunjung untuk berekreasi bersama keluarga. Selain itu, terdapat pula arena lomba motocross yang sering digunakan sebagai ajang lomba motocross tingkat daerah. Sisi menarik lainnya, Pemandian Alam Ompo dipercaya dapat mendatangkan jodoh bagi pengunjung. Menurut masyarakat sekitar, pengunjung yang masih lajang dan telah mandi di tempat ini akan lebih mudah mendapatkan jodohnya. Anda penasaran dengan mitos ini? Kunjungilah Pemandian Alam Ompo!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s